Minggu, 09 November 2014

10 lagu DEWA 19 yang paling mendalam maknanya



Assalamualaikum Wahai pembaca setia,masih saja ikuti postingan saya tentunya , hehehehe berikut ini ane mau bahas tentang 10 lagu DEWA 19 yang paling mendalam  maknanya :D, tanpa basabasi lagi yuk kita liat, chekidot ;
                                     
1.       Cintailah cinta (Album cintailah cinta, 2002)
Salah satu singel andalan dari album keenam milik band DEWA 19 ini menerut analisis saya menceritakan tentang hubungan Tuhan dan Manusia serta Manusia satu dengan Manusia lainnya mengutamakan bertema cinta,kasih sayang dan rasa toleransi antar umat Manusia,adapun penggalan lirik lagunya sebagai berikut ; “Jika masih ada cinta di hatimu,maka maafkanlah segala kesalahan,Cintailah cinta”. Ada lagi nih pas mendekati End lagu “Bila kamu bias tuk memaafkan atas kesalahan manusia yang mungkin tak bias di maafkan, tentu Tuhankan memaafkan atas dosa yang telah tercipta yang mungkin tak bias di ampuni”.

2.       Mistikus Cinta (Album Cintailah cinta,2002)
Masih dari daftar lagu dari Album Cintailah cinta yang menceritakan tentang seseorang yang menempuh jalan hidup-Nya dan mulai menatap jalan-Nya,dan mulai merasakan dimanapun orang itu berada serta memandang di sanalah wajah-Nya ; “Ketika pertama kali jiwaMu ingin selalu dekat denganjiwaku yang belum bisa menterjahmakan segala. Arti pertemuan ini,arti cumburayu ini.yang mungkin bisa memahami apa yang terjadi”

3.       Nonsens (Album Laskar cinta ,2004)
Laguini  mempunyai makna yang mendalam mengenai kebenaran yang hakiki yang tidak di miliki manusia tapi melainkan milik-Nya, kebenaran kita belum tentu benar bagi mereka. Adapun penggalaran lirik lagu ini yaitu ; “Tiada kebenaran yang hakiki yang ada Cuma hanya,kamu di sana dan Akulah milik Mu……kayakinan  akan sebuah kebenaran,bukanlah kebenaran,kebenaran yang sejati bila tak benar diuji kebenarannya”.

4.       Kuldesak (singel thn 1999)
Merupakan do’a seorang hamba (Islam) agar tak tersesat  karena ada hadits yang menjelaskan bahwa umat Islam akan terpecah pada 73 Aliran pada akhir zaman nanti.
“Tolonglah Tuhan beri petunjukmu, jalan yang benar menuju jalanmu, agar tak tersesat di persimpangan jalan”.


5.       Hidup Ini indah(Album Laskar cinta, 2004)
“Mata hari menyinari seisi bumi  seperti Engkau,menyinari roh di dalam jasad ku ini selamanya seperti hujan,kau basahi jiwa yang kering”. Dan ketika memasuki Reff; “hidup ini indah,bila aku selalu ada di sisiMu setiap waktu hingga aku hembuskan nafas yang terakhir dan kitapun bertemu” Lagu ini merupakan dari Do’a agar kita selalu bersyukur kepada Tuhan  setiap saat.
“Dan ingatlah ketika Tuhanmu memberitahukan,jika kamu bersyukur,niscahya aku benar-benar akan menambahkan Nikmat-ku kepadamu,tetapi jika kamu mengingkari nikmat-nikmatku sungguh azabku sangat pedih”. (QS.Ibrahim,14:7)


6.       Aku tetaplah Aku (Album Laskar cinta, 2004)

Menjelaskan  tentang  “LAKUM DINUKUM WALIYADIN”. Agamamu bagimu,agamaku bagiku. Pemahamanmu bagimu, pemahamanku bagiku.
“Aku tetaplah aku begini kamu tetaplah kamu begitu, aku tetap aku”

7.       Kirana (Album Pandawa Lima,1997)
Lagu ini di ciptakan Ahmad Dhani memakan 2,5 tahun dari awal hingga komplit jadi lagu.  Yang membuat lagu ini menjadi amat sangat lama jadinya di karenakan cordnya  berada Di C tapi dapat menyambung ke Eb dan Bb. Lagu jazz yang sbenarnya merupakan lagu pop yang memiliki ritme  unorthodox.
Lagu ini bukan mengenai cinta dan nafsu tapi melambangkan orang-orang yang kekurangan kasih sayang yang cukup seakan tak ada lagi gunanya hidup di dunia
“Ayah bunda tercinta satu yang tersisa,mengapa kau tiupkan nafasku kedunia,tak dapat ku sesali mungkin ku tangisi, ku ingin rasakan cinta”.


8.       Indonesia saja (Album  Laskar Cinta ,2004)
Makna lagu ini juga nggak kalah mendalamnya sama lagu DEWA 19 yang lainnya , pada masanya  masing-masing  Agama  itu adalah KEBENARAN, memang isi kitabnya memang sama mengenai pesan Tuhan tapi karena zaman yang berbeda, tata bahasa yang berbeda dan adat yang berbeda.
“Aku bukan orang jawa,aku juga bukan sunda,aku bukan aceh,aku juga bukan ambon aku bukan cinaaku juga bukan arab,aku bukan kiri aku juga bukan kanan,aku bukan hijau aku juga bukan merah.” Reff : “aku hanya merasa aku orang Indonesia saja”.


9.       Atas nama cinta  (Album Laskar Cinta, 2004)
Ini kalau baru dengar pasti nyangkanya lagu cinta-cintaan ke pacar atau lagu galau dan semacamnya,tapi lagu ini punya makna lain loh,menurut saya lagu ini mengenai kekuasaan Tuhan yang yang tak mampu di pikirkan dan di logika kan ole manusia itu pula segala perbuatan manusia tdiak dapat di kaitkan dengan Tuhan.
“Katamu kau cinta aku, demi Tuhan kau bersumpah,katamu kau akan setia,demi Tuhan kau berjanji”. Reff:”Atas nama cinta saja Jangan Bawa nama Tuhan”.


10.   Pangeran cinta (Album Laskar Cinta, 2004)
Lirik :” semua ini pasti Akan musnah tetapi tidak cintaku padamu karena aku sang pangeran cinta” jawabannya ada di surah Ar-Rahman ayat 27



Demikian dulu yah  dari Admin sebenarnya masih banyak sih makna dari lagu-lagu DEWA 19 tapi cukup sepuluh dulu nanti kalau ada waktu nanti Admin tambahin, Nah smpe jumpa di postingan selanjutnya , Bye :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar